Indonesia memiliki banyak area kawasan pariwisata yang dapat meningkatkan pendapatan asli masing-masing daerah(PAD) melalui kunjungan wisataawan baik lokal maupun luar negeri. Keberhasilan daerah-daerah tertentu pada sektor pariwisata tak lepas dari tingginya kualitas informasi dan promosi yang dilakukan oleh masing-masing daerah,serta peranan pemerintah ,masyarakat dan kerjasama stakeholder dalam menyukseskan promosi pariwisata daerah. Peranan informasi dan promosi terhadap kualitas pariwisata suatu dearah merupakan hal yang sangat penting . Ada banyak bentuk media informasi dan promosi yang dapat digunakan seperti mdia massa berupa iklan di baliho ,pamflet, koran,majalah,sampai dengan media elektronik seperti website dan media sosial. Namun selain dari kualitas informasi dan promosi pariwisata,hal yang penting dalam menyukseskan suatu pariwisata daerah yaitu penataan OTDW (Objek dan Daya Tarik Wisata) daerah itu sendiri,Potensi pariwisata yang dijaga sarana dan mendatangkan lebih banyak wisatawan.Dalam hal ini Dinas Pariwisata,Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang telah berupaya unutk meningkatkan kualitas promosi pariwisata dengan mengajak pengelola ODTW untuk berkerja sama dalam penggencaran informasi dan prmosi objek pariwisat kepublik secara luas.Selain itu saatnya Pemerintah Daerah Kota Singkawang untuk menyusun dan merencanakan program untuk menggencarkan wisata di Kota Singkawang dengan memperbaiki sarana dan prasarana pariwisata sehingga Kota Singkawang dapat menjadi salah satu icon kota pariwisata di Kalimantan Barat yang bertaraf internasional.